Resep Kue Kering Kastengel

Resep kue kering kastengel atau disebut dengan sebutan kue keju salah satu kue kering yang cukup diminati di kalangan masyarakat khususnya Indonesia.  Kue kering ini mempunyai bentuk yang panjang, dan memiliki rasa yang renyah dan memikat lidah setiap orang yang menyantapnya. 

Kue kering kastengel biasanya disajikan saat hari – hari special seperti acara pernikahan, tahun baru, dan lebaran.  Cara membuat kue ini cukup mudah, dan bahan resep gampang ditemukan di pasar atau toko toko kue di sekitar rumah anda. Nah lansung saja kita masuk dalam pembahasan resep dan cara membuatnya dibawah ini:


Bahan – bahan untuk resep kue kering kastengel :
  • Siapkan bahan tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah, cukup 300 gr
  • Mentega sediakan saja 184 gr
  • Keju edam kemudian diparut, siapkan saja 150 gr saja.
  • Rommbutter sediakan 15 gr saja
  • Dan bahan terakhir Telur ayam cukup 3 butir saja (yang diambil kuning saja)

Bahan olesan untuk kue kering kastengel:

  • Keju cheddar “membahanA”, sorry bercanda,  siapkan saja 75 gram saja.
  • Dan terakhir telu ayam ambil kuning saja, sediakan 2 butir.



Cara Membuat kue kering kastengel :
  1. Ambil wadah untuk mencampur bahan – bahan adonan kue, kemudian ambil rommbutter dan mentega masukkan keduanya ke dalam wadah terus diaduk-aduk sampai rata dan kalis. Selanjutnya masukkan tiga kuning telur terus aduk lagi sampai semua adonan tercampur rata dan kalis.
  2. Kemudian ambil tepung terigu tuangkan dikit demi sedikit terus sambil aduk – aduk  hingga tercampur rata. Lalu berikan keju edam yang sudah diparut kedalamnya terus aduk lagi sampai rata dan kalis(lembut).
  3. Ambil plastik yang terus dilipat sehingga berbentuk corong / bungkusan nasi kuning yang berbentuk segitiga. Jika sudah selesai, masukkan adonan ke dalam corong, dan di ujung corongnya digunting cukup besar (sesuai selera anda), 
  4. Terus tekan adonan dari atas sampai adonannya keluar dari ujung corongnya, alirkan adonan ke Loyang dari kiri ke kanan sehingga berbentung persegi panjang kurang lebih 2,5  - 3 cm. 
  5. Siapkan Loyang untuk memanggang kue, sebelumnya berikan permukaan Loyang mentega secara merata dan terus letakkan adonan kue kering kastengel di Loyang. Kemudian olesi permukaan atas adonan dengan kuning telur secara merata. Dan lalu berikan juga diatas kue keringnya dengan parutan keju.
  6. Jika sudah selesai, masukkan adonan kue kering kastengelnya ke dalam oven, atur suhunya sampai  kurang lebih 150 derajat celcius terus tunggu adonan hingga berubah warna kuning kecoklatan atau dengan waktu kurang lebih 30 menitan. Jika sudah matang silahkan angkat dan dinginkan.


Demikian informasi  resep kue kering kastengel dan cara membuatnya. Dan jangan lupa baca juga informasi resep resep kue kering yang terbaru seperti Resep Kue Kering Kacang Tanah Special disini Dan nantikan resep kue kering terbaru yang lainnnya di blog ini. So ditunggunya yaaa? Sampai jumpa

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment