Resep Kue Bikang yang Lezat dan Cara Membuatnya

Resep kue bikang salah satu kue basah tradisional yang memiliki cita rasa yang khas.  Dalam proses pembuatan kue ini bisa dikatakan susah tetapi gampang juga. Tetapi harus betul – betul teliti dalam membuatnya tidak asal masak lansung jadi. Jujur saja saya sendiri pertama kali membuat bikang pun gagal, sampai 5 kali baru saya berhasil menghasilkan kue bikang yang lembut tetapi tidak terlalu lembek dan enak.

Biar anda tidak seperti saya gagal  dalam pertama kali membuatnya, maka dari itu saya akan bagikan resep kue bikang saat ini semoga membantu :

Bahan – bahan yang harus disiapkan:

  • Siapkan tepung beras sekiranya 350 gram.
  • Sediakan tepung terigu sekiranya ya dua sendok makan saja.
  • Siapkan santan dari 1 buah kelapa kurang lebih 900 ml.
  • Gula halus cukup 125 gr.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pandan dan  pewarna kue secukupnya
  • Santal yang kental yang sudah direbus cukup 50 gram saja.
  Cara membuat dari resep kue bikang yang telah disediakan:
  1. Pertama – pertama siapkan wadah untuk mencampurkan bahan seperti santan dengan tepung beras, terus masak dengan suhu api yang kecil bersamaan adonan yang ada di wadah diaduk-aduk sampai rata.
  2. Kemudian masukkan ke dalam mangkok besar, terus berikan garam, gula halus, tepung terigu, pewarna kue, dan sisa-sisa tepung beras. Lalu semua adonan kuenya diaduk-aduk sampai rata hingga adonannya sampai kalis.
  3. Terus adonannya ditekan dengan alat (bisa pakai sendok masak sayur atau yang lainnya) sampai adonannya longgar dan enteng yaa kurang lebih 25-30 menitan.
  4. Setelah itu, berikan santan yang masih ada, terus diaduk-aduk sampai rata  dan biarkan adonan kue bikang disisihkan sampai 60 menit lamanya.
  5. Lalu ambil cetakan kue bikang terus dipanaskan dengan suhu api sedang, dan masukkan adonan ke dalam cetakannya dikit demi sedikit sampai penuh dan  isi adonannya juga ke dalam lubang cetakan lainnya.
  6. Setelah itu berikan setetes pewarna kue di permukaan adonan dan masak sampai matang.
  7. Jika merasa kue basah matang, angkatlah dan sajikan.

Untuk resep kue bikang yang satu ini porsi sampai 10 orang dan waktu dalam memasak kue bikang kurang lebih 2 jam. Nah anda bisa mempratekkannya dirumah, jikalau pun gagal jangan menyerah coba dan coba lagi, pasti anda bisa!!  Sebelum anda pergi dari sini baca dulu resep kue basah terbaru dari kami Kue putri ayu disini. Dan nantikan resep dari kami edisi selanjutnya. Terima kasih



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment